Rabu, 11 Juli 2012

Majelis Pujian Ilahi dan Salawat Nabi

Bismilahirrahmanirrahim Walhamdulillah Wassholatu Wassalamu `Ala Rasulillah, Wa’ala Aalihie Washohbihie Waman Walaah amma ba’du…
Islam adalah agama yang lebih dari sekedar santapan ‘akal pikiran atau logika, belaka. Islam adalah suatu agama yang lebih dari itu, memberikan pula ‘rasa’ dan ‘pengalaman’ akan lezatnya cinta suci, cinta Ilahi dan cinta Nabawi. Kecintaan yang hanya dapat dirasakan dengan dzikir, tafakkur dan muraqabah.
Berikut adalah berbagai majelis dzikir dan salawat atas Nabi sallAllahu ‘alayhi wasallam di berbagai belahan dunia [silakan klik pada nama dari masing-masing majelis tersebut untuk mendengar atau melihatnya].

1. Majelis Dzikir Hadrah ala Tariqah Naqshbandi-Syadzili
di: http://www.naqshlive.com/gallery/displayimage.php?album=19&pos=0
Majelis dzikir Hadrah di link tersebut dipimpin oleh seorang ‘aalim dan waliyyullah, Mawlana Syaikh Muhammad ‘Adnan Qabbani al-Haqqani an-Naqshbandi, yang di diwan ul-Awliya’ (Majelis para Waliyullah) dikenal sebagai Quthbul Irsyaad. Majelis Hadrah tersebut dilakukan di Damaskus, di tanah Syam yang dimuliakan Allah SWT. Tepatnya, di kaki bukit Jabal Qasiyun, di distrik Salihiyyun, dekat Rukn ud-Din, di kompleks masjid dan maqam seorang Waliyyullah: Grandsyaikh Mawlana Syaikh ‘Abdullah Faiz ad-Daghestani.
Grandsyaikh Mawlana Syaikh ‘Abdullah Faiz ad-Daghestani adalah guru pembimbing Mawlana Syaikh Nazim ‘Adil Al-Haqqani (saat ini Mursyid utama Tariqah Naqshbandi-Haqqani) dalam meniti jalan tasawuf di tariqah Naqshbandi-Haqqani. Beliau wafat di tahun 1973. Dan sebelum wafatnya, beliau berdomisili di Damaskus. Terkenal di kalangan penduduk Damaskus sebagai seorang Waliyullah (kekasih Allah) dan Sulthanul Awliya’ (pimpinan para Waliyyullah) di zamannya, yang kepadanya, para ulama Sham (para ulama di Syria dan Lebanon) berdatangan untuk menuntut ilmu keislaman pada levelnya yang tertinggi. Semoga Allah SWT melimpahkan rahmat-, barakah-, dan kasih sayang-Nya pada beliau. Aamin ya Rabbal ‘aalamiin.
2. Majelis Dzikir Tariqah Rifa’i
di http://www.naqshlive.com/gallery/displayimage.php?album=19&pos=1
Majelis Dzikir ala Tariqah Rifa’iyyah, suatu Tariqah yang didirikan Syaikh Ahmad ar-Rifa’i, sepupu dari Sulthanul Awliya’ Syaikh ‘Abdul Qadir al-Jailani. Lokasi dari majelis ini tidak kami ketahui.
3. Majelis Dzikir Naqshbandiyyah
di http://www.naqshlive.com/gallery/displayimage.php?album=25&pos=0
Majelis ini dilaksanakan Ramadan 1426 H di Dergah Naqshbandi di London, di jalan 277 St Ann’s road London, dipimpin oleh seorang Waliyyullah dan ‘Aalim: Mawlana Syaikh Muhammad Hisham Kabbani al-Haqqani an-Naqshbandi. Di kalangan Awliya’, dan para Muhibbun Naqshbandi, beliau dikenal sebagai pemegang maqam Quthbul Mutasharrif di zaman ini.
4. Majelis Zikir Qadiri Chechen
Lihat pula di: http://www.zikranash.net/
Majelis dzikir dari Tariqah Qadiri yang banyak dianut oleh saudara-saudara kita Muslimin di Chechnya dan sekitarnya. Tariqah Qadiriyah di”diri”kan oleh Sulthanul Awliya’ Syaikh ‘Abdul Qadir al-Jailani.
5. Majelis Dzikir Ratib Al-Haddad
di: http://media.putfile.com/Ratib-Al-Haddad
(Terima kasih untuk http://www.putfile.com)
Ratib Al-Haddad, disusun oleh salah seorang Qutub Tariqah ‘Alawiyyah, Al-Imam as-Syaikh al-Habib ‘Abdullah bin Alwi al-Haddad. Ratib ini amat populer di Indonesia, Malaysia, dan negara-negara Asia Tenggara, di mana Islam disebarkan oleh para Awliya’ dari Hadramaut. Keterangan lebih lanjut tentang ratib in dapat dibaca di link ini.
Semoga Allah SWT senantiasa menjadikan kita sebagai hamba-hamba-Nya yang senantiasa membiasakan diri untuk menghadiri majelis-majelis dzikir cinta Ilahi dan cinta Rasul, dan menjadikan kita senantiasa mengikuti jejak langkah Rasul-Nya Muhammad sall-Allahu ‘alayhi wasallam dan para Awliya’Allah (kekasih Allah) serta orang-orang Salih. Aamiin ya Rabbal ‘aalamiin.
Bihurmatil Habib, Al-Fatihah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar